Rabu, 23 Oktober 2019

TEMUKAN IDE TULISAN TANPA HARUS KELUAR RUANGAN 

Tantangan bagi penulis pemula biasanya terhambat oleh satu hal yaitu ide. Terkadang penulis pemula selalu terjebak dalam kemonotonan. Pengemasan suatu ide cerita yang itu-itu aja. Biasanya, para penulis tersohor akan sering berkeliling dunia untuk menemukan ide tulisan. Memang benar, ide tulisan akan semakin berkembang jika penulis menyaksikan, mengamati, merasakan langsung melalui panca indra.  Namun, bagi penulis pemula, apalagi untuk penulis-penulis yang masih duduk dibangku sekolah, tentu ini hal yang merepotkan. Mengingat waktu dan biaya yang harus dikeluarkan.
Tahukah anda jika suatu ide pun ternyata bisa didapatkan dengan mudah, tanpa harus mengeluarkan keringat dan uang, yang perlu anda lakukan adalah terduduk santai atau bahkan rebahan. Asik bukan? Baiklah, tanpa perlu banyak ngelantur kesana-kemari langsung saja berikut empat hal yang bisa anda lakukan ketika kesulitan menemukan ide tulisan :
1.      Menonton Drama atau Film yang Anda Sukai
Selain gemar membaca, saya kira penulis pun perlu menonton film-film atau drama untuk memperluas ide tulisan. Bisa film atau drama dalam negeri atau luar negeri. Namun, saya sarankan ketika mengambil sebuah ide cemerlang dalam sebuah film atau drama untuk tidak melahap semua, karena itu bisa disebut plagiarisme. Misalnya anda menemukan karakter unik dalam drama tersebut. Anda dapat mengambil ide lain namun inspirasi anda didapat ketika melihat film atau drama tersebut.
Contoh :
Karakter 1 : Perempuan yang serakah dengan harta dan kekuasaan. Anda dapat mengubahnya menjadi perempuan yang serakah dengan impian. Tentu ini berbeda bukan?
2.      Amati Suatu Keadaan
Seorang penulis harus peduli dengan keadaan sekitar atau bahka problematika dunia. Penulis disarankan memiliki sifat empety tinggi terhadap lingkungannya. Hal yang perlu Anda lakukan adalah mencari isu-isu baru yang berkembang di tengah masyarakat melalui media sosial yang bisa diakses dengan mudah melalui kecanggihan teknologi abad 21.
Contoh :  Merebaknya isu-isu pembunuhan tokoh penting Indonesia.
3.      Andalkan Perasaan
Kondisi kejiwaan manusia terkadang berubah-ubah. Naik turunnya proses kehidupan menjadi warna tersendiri. Namun, ketika kita tak lagi berdamai dengan nasib, maka mengatup diri. Hingga mengakibatkan kebahagiaan terbunuh. Impian tergadaikan.
            Sering kali orang berkata “Duh kehabisan ide nih lagi galau” atau “Aku gak tahu lagi harus gimana, antara melanjutkan atau tidak” atau bisa saja “Aku gak punya ide, jadi aku gak nulis hari ini”. Secara tidak sadar seseorang yang tengah kebingungan mencari ide, justru di situlah seseorang tersebut mendapatkan sebuah ide. Karena apa setiap hal yang dialami oleh penulis bisa dijadikan sebagai ide tulisan.
Contoh : “Sore ini aku kebingungan menemukan ide tulisan, padahal sudah mendekati deadline.” Nah ini bisa anda jadikan sebagai tema puisi, cerita pendek, atau tulisan jenis lainnya.
4.      Ketika Hendak Menulis Putarlah Lagu-Lagu yang Bisa Membuat Anda Hanyut Terbawa Perasaan
Ini adalah tips jitu yang terakhir. Ternyata sebuah alunan musik dapat memengaruhi imaginasi seseorang. Lahirnya ide dapat dipancing dengan musik yang didengarkan. Alunan musik horror akan mendorong kita untuk menulis genre horor. Begitupun dengan yang lainnya.
          Kalau sudah muncul kata ‘terakhir’ tandanya saya sudah selesai menyampaikan apa-apa yang saya ketahui berdasarkan pengalaman pribadi terkait beberapa tips untuk menemukan ide. Terimakasih semoga bermanfaat.

#KMP2SMI
#ODOPBACTH7
#46     

2 komentar:

ULASAN CERITA PENDEK KAMAR MANDI MERTUA A.    ORIENTASI Cerita pendek yang berjudul Kamar Mandi Mertua merupakan maha karya yang ...